Bawa Pulang Piala Grammy 2021, ‘Future Nostalgia’ Milik Dua Lipa Adalah Album Retro Pop yang Kita Rindukan

Penyanyi kelahiran Inggris tahun 1995, Dua Lipa (26 tahun), baru saja menyabet kategori ‘Best Pop Vocal Album’ pada perhelatan 63th Annual Grammy Awards 2021 (14/03/2021). Album terbarunya yang bertajuk ‘Future Nostalgia’ berhasil mengalahkan sejumlah nama besar yang mengisi kategori tersebut, diantaranya yaitu: Changes – Justin Bieber, Fine Line – Harry Styles, dan Folklore – Taylor Swift.

‘Future Nostalgia’ Merupakan Buah Kerinduan Masyarakat Akan Musik Era 80-an.

Ada hal menarik mengenai salah satu kategori unggulan di ajang perhargaan ini. Selain diisi oleh musisi-musisi yang namanya sudah tidak asing di kancah musik dunia, album-album yang berhasil meraih nominasi ‘Best Pop Vocal Album’ juga datang dengan beragam warna. Seperti ‘Fine Line’ milik Harry Styles yang mengusung konsep Pop Rock, nuansa Pop Folk yang diunggulkan Taylor Swift dalam ‘Folklore’, Justin Bieber bersama ‘Changes’ dengan Pop R&B, serta Retro Pop yang dibawa ‘Future Nostalgia’ oleh Dua Lipa.

Dua Lipa wins “Best Pop Vocal Album” at 63th Grammy Awards 2021 (Credits by billboard.com)

Dengan demikian, kemenangan Dua Lipa lewat ‘Future Nostalgia’ bukan sekadar keberhasilannya dalam menelurkan sebuah mahakarya, tetapi juga sebagai sinyal bahwa kita mungkin merindukan alunan Retro Pop yang sudah lama tak terdengar gaungnya.

Dua Lipa dan The Weeknd mengembalikan tren 80-an di tahun 2020.

Menurut BBC News (1/4/2020), Dua Lipa bersama The Weeknd berhasil membangkitkan kembali kecintaan masyarakat terhadap musik era 80-an. Instrumen disko dan elektronik yang menjadi ciri khas era tersebut kini dihadirkan lagi dalam lagu keduanya. Sebut saja ‘Physical’ dan ‘Blinding Lights’ menjadi salah satu lagu dari album mereka yang sangat populer hingga merajai tangga lagu di berbagai negara.

Kesuksesan Dua Lipa dan The Weeknd dalam membawa kembali kenangan musik ‘jadul’ kemudian diikuti oleh sejumlah musisi lain. Harapannya yaitu dapat mengikuti jejak keduanya yang sukses menakhlukkan pasar musik dunia. Hal ini tak ayal membuat tren 80-an kembali naik ke permukaan dan menjadi primadona di masa sekarang.

Kombinasi Masa Lampau dan Masa Depan dalam ‘Future Nostalgia’.

Tak menelan mentah-mentah genre 80-an yang diusungnya, penyanyi yang akrab disapa Dua ini memadukan konsep masa lampau dan masa depan dalam satu rekaman. Itu sebabnya album ini lahir dengan nama ‘Future Nostalgia’. Dua ingin membuat rekaman dimana ia bisa bernostalgia dengan masa kecilnya – termasuk dengan lagu-lagu yang didengar oleh orang tuanya, dan memadukan semuanya dengan elemen futuristik modern yang tak termakan usia. Hal tersebut ia ungkapkan dalam YouTube berjudul ‘At Home with Dua Lipa & Her Angel Tatoo’ yang diunggah akun AskAnythingChat (5/4/2020).

Album ‘Future Nostalgia’ terdiri dari 11 tracks dan dirilis pada tanggal 27 Maret 2020. Lagu-lagu hit dari album ini diantaranya yaitu ‘Don’t Start Now’, ‘Levitating’, ‘Physical’, ‘Break My Heart’, dan ‘Cool’. Dua sendiri membawakan lagu ‘Levitating’ yang di-remix dengan ‘Don’t Start Now’ pada 63th Annual Grammy Awards.

Membawa kembali sesuatu dari masa lampau ke masa depan sepertinya masih diminati oleh banyak kalangan ya, readers. Mulai dari tren busana, makanan, hingga jenis musik yang didengarkan. Kira-kira, apa lagu era 80-an yang masih kamu lantunkan?

Published by ANN

a storyteller, a daydreamer.

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started